Senin, 16 Juni 2014

Shalat DLUHA

Waktu yang terbaik melaksanakan Shalat Dluha ialah sesudah mencapai seperempat hari. Rasulullah melakukan Shalat Dluha 8 rakaat dengan memperpanjang tiap tiap rakaatnya. Sesungguhnya didalam surga itu ada pintu gerbang yang namanya Dluha, ketika hari kiamat datang, maka ada pertanyaan (pengumuman) manakah diantara orang orang yang membiasakan Shalat Dluha..? Inilah pintumu maka masuklah ke surga lewat pintu ini. Orang yang melakukan shalat Dluha 2 rakaat tercatat sebagai orang yang tidak lalai, orang yang melakukan shalat Dluha 4 rakaat sebagai ahli ibadah dan gemar melakukan hal-hal kebaikan, orang yang melakukan shalat Dluha 6 rakaat akan terjaga dari perbuatan dosa sepanjang hari itu, orang yang melakukan shalat Dluha 8 rakaat tercatat sebagai orang-orang taat dan sukses, orang yang melakukan shalat Dluha 12 rakaat akan dibuatkan rumah indah didalam surga. Rasulullah bersabda: Didalam tubuh manusia itu ada 360 ruas, tiap tiap ruas mempunyai hak untuk sedekah. Kemudian sahabat bertanya: Siapakah yang sanggup mengeluarkan sedekah tiap ruas itu ya Rasulullah. Nabi menjawab: Cukup kamu shalat Dluha 2 rakaat. Shalatlah 2 rakaat dengan membaca Fatehah 1 X kemudian surat Al-Ikhlas 10 X. Diriwayatkan oleh Umi Salamah dan Umi Mu'minin Aisyah RA: Bahwa Rasulullah S.A.W shalat Dluha 12 rakaat dan setiap rakaat beliau membaca surat Fatehah 1 X dan Al-Ikhlas 3 X. Ketika selesai beliau memperpanjang sujud dan memperbanyak tahmit kepada Allah. Rasulullah bersabda: Barangsiapa shalat Dluha 4 rakaat, rakaat pertama sesudah membaca Fatehah 10 X lalu membaca Ayat Kursyi 10 X, rakaat kedua Fatehah 10 X dan Al-Kafirun 10 X. Rakaat ketiga Fatehah 10 X, Al-Falaq dan An-Naas 10 X. Rakaat keempat Fatehah 10 X dan Al-Ikhlas 10 X. Kemudian sesudah salam membaca Istighfar 70 X dan Tasbih 70 X. Maka Allah akan menolak kejelekan dari langit dan bumi, serta mengabulkan hajatnya yaitu 70 macam hajat dunia dan akhirat.

Niat Shalat Dluha.
ushalli sunnatan dluhaa rak'ataini (ma'muumam/imaaman) lillaahi ta'aalaa.

Artinya.

Aku niat shalat Dluha dua rakaat (dengan ma'mum/jadi imam) karena Allah.

Do'a setelah Shalat Dluha
    1. allaahummaa innadh dlukhaa dluhaauka walbahaa'a bahaauka waljamaala jamaaluka walquwwata quwwatauka walqudrota qudrotuka wal'ishmata 'ishmatauka.
    Artinya;

    Ya Allah sesungguhnya waktu Dluha adalah waktu Dluha-Mu, keagungan adalah keagungan-Mu, kebagusan adalah kebagusan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, kekuasaan adalah kekuasaan-Mu, penjagaan adalah penjagaan-Mu.
    2. allaahumma inkaana rizqii fissamaa'i fa anzilhu wainkaana mu'siran fayassirhu wainkaana haraaman fathohhir hu wainkaana ba'iidan faqarribhu.
    Artinya;

    Ya Allah, apabila rizqi kami diatas langit turunkanlah. Bila ada di bumi keluarkanlah. Bila sukar mudahkanlah. Bila haram sucikanlah.
    3. bihaqqi dluhaaika wabahaaika wajamaalika waquwwatika waqudrotika aatini maa aataita 'ibaadakash shaalihiin.
    Artinya;

    Dengan haknya waktu Dluha-Mu, dan keagungan-Mu, dan kebagusan-Mu, kekuatan-Mu, kekuasaan-Mu, berilah aku apa apa yang telah Engkau berikan kepada hamba-Mu yang sholeh sholeh.

Demikian mengenai Shalat Dluha beserta do'anya. Semoga bermanfaat...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar