Senin, 16 Juni 2014

Shalat TARAWIH

Salat Tarawih (taraweh) adalah salat sunnat yang dilakukan hanya pada bulan ramadan . Shalat sunnat ini dilaksanakan selepas setelah shalat Isya' yang biasanya dilakukan secara berjama'ah di masjid ataupun mushola.




Seorang sahabat Salaman Al Farizi menerangkan bahwa; Rasulullah S.A.W setiap akhir bulan Sya'ban berkhotbah, "Hai seluruh manusia, sesungguhnya akan datang kepadamu bulan yang agung penuh berkah. Yang didalamnya ada malam yang sangat mulia yang lebih utama dari pada seribu malam yang lain yaitu malam
LAILATUL QODAR. Pada siang hari Allah mewajibkan puasa bulan Romadlon dan disunahkan shalat Tarawih dimalam harinya. Maka barang siapa melakukan kebaikan diberi pahala seperti melakukan fardlu dibulan lain. Dan barangsiapa melakukan fardlu pada bulan itu, maka pahalanya sama seperti melakukan 70 fardlu dibulan lainnya. Bulan Romadlon adalah bulan dimana umat Islam dianjurkan supaya berbuat kebaikan dan kesabaran. Dan barangsiapa bisa melakukannya pahalanya adalah surga. Bulan Romadlon adalah bulan memperbanyak pertolongan, dan dilimpahkannya rizki orang orang mukmin, dan bulan yang di awalnya mengandung rahmat, di tengah tengah mengandung maghrifah dan di akhirnya mengandung kebebasan dari api neraka".

Nabi Muhammad S.A.W bersabda; Seandainya umatku mengetahui apa yang terkandung (dari kebaikan) di dalam bulan ini pasti mereka mengharap agar oleh Allah seluruh bulan lainnya dijadikan bulan Romadlon.

Barangsiapa shalat Tarawih di malam bulan Romadlon karena iman dan mengharap ridlo Allah (mengharap pahala), maka diampunilah dosa dosanya.

Shalat Tarawih terdiri dari 20 rakaat, dan 1 salam setiap 2 rakaat. Sesudah Al-Fatehah tiap tiap rakaat pertama ialah membaca Al-Takatsur berturut turut sampai surat Al-Lahab. Sedangkan rakaat kedua adalah surat Al-Ikhlas.



Niat Shalat Tarawih

ushollii sunnatat taraawiihi rok'ataini (ma'muuman/imaaman) lillaahi ta'aalaa.



Artinya;

Aku niat shalat Tarawih (dengan ma'mum/imam) dua rakaat karena Allah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar