Selasa, 10 Juni 2014

Shalat TAHAJJUD-Doa sholat TAHAJJUD

    1. Allah berfirman dalam surat Al Muzammil ayat 1 - 4 yang artinya;
hai orang yang berselimut. Bangunlah untuk mengerjakan shalat semalam suntuk kurang sedikit, yaitu seperdua malam atau kurangilah sedikit dari seperduanya itu atau lebih dari seperdua itu. Dan bacalah al-qur'an dengan khusuk.
    2. Firman Allah dalam surat Al Isra';
pada malam hari hendaklah engkau bertahajud (berjaga untuk sholat malam) sebagai tambahan untuk engkau. Mudah mudahan allah mengangkat engkau ke tempat yang terpuji.
    3. Diriwayatkan oleh Imam Bukhori dan Imam Muslim dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah S.A.W:
apabila tinggal sepertiga malam allah turun ke langit dunia dengan undang undang. Adakah orang yang memohon padaku, maka aku akan kabulkan permohonannya. Adakah orang yang minta maaf, aku akan memaafkannya.
    4. Dari Imam Ahmad bin Mas'ud R.A, Rasulullah S.A.W bersabda:
bila malam sudah tinggal sepertiganya, allah turun ke langit dunia. Kemudian allah membuka seluruh pintu langit dan membentangkan tangan-nya sambil berfirman: adakah orang yang minta, maka aku perkenankan permintaannya. Demikian itu sampai keluar fajar.
    5. Pernah Nabi Daud AS bertanya kepada Jibril:
saat yang manakah do'a yang lebih diperhatikan..?
Jawab Jibril:
saya tidak mengerti, hanya saja saya mendengar ketika waktu sahur aras bergetar.
    6. Nabi Muhammad S.A.W bersabda:
biasakanlah mengerjakan shalat malam, karena shalat malam itu kelakuan orang orang sholeh. Sebelum kamu semua, dan shalat malam adalah mendekatkan kamu kepada Tuhan dan menjadi sebab diampuninya kesalahan kesalahanmu dan bisa menghilangkan penyakit didalam jasad dan bisa mempengaruhi atau mencegah perbuatan dosa.

Niat sholat tahajjud.


usholli sunnatat tahajjudi rak'ataini lillahi ta'aalaa

Doa shalat tahajjud

Shalat Tahajjud adalah shalat malam yang hukumnya sunat mu'akad. Shalat Tahajjud adalah shalat untuk mendekatkan diri kepada Allah. Menurut riwayat Imam Bukhori, Muslim dan Imam Ahmad yang bersumber dari Ibnu Abbas RA. bahwasannya Rasulullah SAW dikala shalat malam (Tahajjud) beliau berdo'a dengan do'a berikut;


alloohumma lakal hamdu anta qoyyuumus samaawaati wal ardhi wa man fiihina wa lakal hamdu anta maalikus samaawaati wal ardhi wa man fiihinna wa lakal hamdu anta nuurus samaawaati wal ardhi wa man fiihinna wa lakal hamdu antal haqqu wa wa'dukal haqqu wa liqoo-uka haqqun wa qouluka haqqun wal jannatu haqqun wan naaru haqqun wan nubuwwatu haqqun wa muhammadun haqqun was saa'atu haqqun. Alloohumma laka aslamtu wa bika aamantu wa 'alaika tawakkaltu wa ilaika anabtu khooshomtu wa ilaika hakamtu faghfirlii maa qodamtu wa maa akhkhortu wa maa asrortu wa maa a'lantu antal muqoddimu wa antal mu-akhkhiru laa ilaaha illaa anta.

ARTINYA;


"Wahai Allah bagimu segala puji, Engkaulah yang menegakkan langit dan bumi dan segala yang ada di dalamnya. Bagi-Mu segala puji, Engkaulah yang memiliki langit dan bumi dan segala yang ada di dalamnya. Bagi-Mu segala puji dan Engkaulah yang memberikan cahaya langit dan bumi dan segala yang ada di dalamnya. Bagi-Mu segala puji, Engkaulah kebenaran itu dan janji-Mu itu benar, dan yang akan menghadap Engkau itu benar dan firman-Mu juga benar dan surga-Mu itu benar, neraka benar, kenabian itu benar, Muhammad itu benar dan adanya hari kiamat itu juga benar. Wahai Allah, bagi-Mulah aku berserah diri, dengan-Mulah aku beriman, kepada-Mulah aku berserah diri, kepada-Mulah aku kembali dan dengan-Mulah pula aku menentang musuh dan kepada-Mu juga aku bertahkim. Karena itu ampunilah dosaku baik yang terdahulu maupun yang kemudian, baik yang tersimpan sebagai rahasia maupun yang tersiar nyata. Engkaulah yang paling terdahulu dan Engkau jugalah yang paling terkemudian, tiada Tuhan yang patut disembah melainkan hanya Engkau".

Demikian sedikit penjelasan

semoga bermanfaat...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar