Kamis, 12 Juni 2014

Shalat ISTIKHARAH-Do'a ISTIKHARAH


Cara solat istikharah hampir sama dengan solat subuh, hanya saja kita berniat solat istikharah. Shalat Istikharah dilaksanakan sebelum tidur ataupun setelah bangun tidur. Sangat baik dilakukan sesudah lewat tengah malam disaat hening supaya bisa lebih khusyuk dalam menyampaikan permohonan kepada Allah. Solat ini bersifat sangat pribadi. Karena itu harus dikerjakan sendirian.


NIAT SHALAT ISTIKHARAH


Ushalli Sunnatal Istikharaati Rak’ataini Lillahi Ta’aala.

Artinya;

Aku niat shalat sunnat istikharah dua rakat karena Allah Ta’ala.


Rakaat pertama
membaca surah Al-fatihah dan surah Al-kafirun
Rakaat kedua
membaca surah Al-fatihah dan surah Al-ikhlas.
Sesudah salam, bacalah doa seperti dibawah ini dan sampaikan permasalahan ( permintaan) kita ingin petunjuk tentang apa (masalah kita).


Doa istikharah;

Allaahumma inni astakhiiruka bi’ilmika, wa astaqdiruka biqudratika wa as aluka min fadhlikal azhiim. Fa innaka taqdiru wa laa aqdiru, wata’lamu wa laa a’lamu, wa anta allaamul ghuyuub. Allaahumma inkunta ta’lamu anna haadzal amra khairun lii fii diinii wama’aasyii wa ‘aaqibati amrii, ‘aajili amrii wa aajilihi faqdurhu lii wa yassirhu lii tsumma baarikliifiihi. Wa inkunta ta’lamu anna haadzal amra syarrun lii fii diinii wa ma’aasyii wa ‘aaqibatu amrii ‘aajili amrii wa aajilihi fashrif annii washrifni ‘anhu waqdur liyal khairahaytsu kaana tsumma ardhinii bihi, innaka ‘alaa kulli syai-in qadiir.

Artinya:

“Ya Allah, aku memohon petunjuk memilih yang baik dalam pengetahuan-Mu, aku mohon ditakdirkan yang baik dengan kodrat-Mu, aku mengharapkan karunia-Mu yang besar. Engkau Maha Kuasa dan aku adalah hamba-Mu yang dhaif. Engkau Maha Tahu dan aku adalah hamba-Mu yang jahil. Engkau Maha Mengetahui semua yang ghaib dan yang tersembunyi. Ya Allah, jika hal ini (......) dalam pengetahuan-Mu adalah baik bagiku, baik pada agamaku, baik pada kehidupanku sekarang dan masa mendatang, takdirkanlah dan mudahkanlah bagiku kemudian berilah aku berkah daripadanya. Tetapi jika dalam ilmu-Mu hal ini (.....) akan membawa bencana bagiku dan bagi agamaku, membawa akibat dalam kehidupanku baik yang sekarang ataupun pada masa akan datang, jauhkanlah dariku dan jauhkanlah aku darinya. Semoga Engkau takdirkan aku pada yang baik, sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas setiap sesuatu.

Demikian sedikit penjelasan mengenai shalat dan Do'a Istikharah semoga bermanfaat. Wassallam...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar