Minggu, 29 Juni 2014

Tata Cara Puasa Ramadhan.


Assallamu 'alaikum warrahmatullahi wabarakatu.

Posting saya kali ini merupakan lanjutan dari posting yang lalu yaitu masih di seputar ibadah puasa Ramadhan. Baiklah seperti judul diatas langsung saja mengenai tata cara puasa Ramadhan, yang baik dan benar kita diharuskan untuk mencontoh cara Rasulullah SAW. Adapun tata cara berpuasa yang baik yaitu:
    1. Makan Sahur.

Apabila kita hendak mulai menjalankan ibadah puasa dianjurkan makan sahur. Waktu makan sahur lebih baik dilakukan pada saat mendekati waktu imsak dalam arti proses makan sahur harus sudah selesai yaitu ± 15 menit sebelum masuk waktu subuh dan juga jangan lupa berniat (membaca niat) puasa sebelum makan sahur. Berikut ini bacaan niat puasa Ramadhan:



NAWAITU SHOUMA GHODIN 'AN ADA-I FARDHI SYAHRI ROMADHONA HADIHIS SANATI LILLAHI TA'AALA.



Artinya;

Aku niat puasa hari besok menunaikan fardhu bulan Ramadhan tahun ini karena Allah Ta'ala.
    2. Imsak.

Imsak adalah saat mulainya kita puasa dalam arti jika sudah masuk waktu imsak, kita dilarang/harus menahan lapar, haus dan segala perbuatan yang mendatangkan dosa dan mengakibatkan/merusak puasa kita hingga masuk waktu Maghrib. Dalam berpuasa kita tidak boleh berkata kata kotor, menggunjingkan teman (jawa ngrasani), berkhianat, menipu dan semua perkataan atau perilaku yang mendatangkan dosa. Pergunakan waktu puasa dengan amalan amalan yang baik yang mendatangkan pahala karena bulan Ramadhan penuh dengan rahmat Allah. Siapapun yanp beramal berbuat kebaikan dibulan Ramadhan Allah akan melipat gandakan pahalanya.
    3. Berbuka puasa.

Berbuka puasa berarti mengakhiri puasa dengan jalan sengaja makan dan minum agar tubuh kita kembali segar dan kuat. Segeralah berbuka begitu mendengar atau mengetahui waktu Maghrib sudah masuk diawali dengan
NIAT BERBUKA PUASA:
ALLAHUMMA LAKA SHUMTU WABIKA AAMANTU WA'ALA RIZQIKA AFTHARTU BIRAHMATIKA YAA ARHAMARRAAHIMIINA.

Artinya;

Ya Allah, bagi Engkaulah puasaku, dan dengan-Mulah aku percaya, dan atas rizqi-Mu aku berbuka dengan rahmat-Mu wahai Tuhanku yang maha mengasihani.



Kemudian minumlah segelas air dan makan buah segar yang manis (bila ada) sebelum makan yang lainnya. Jangan makan minum secara berlebihan dengan melampiaskan rasa lapar dan dahaga yang menunjukkan sifat rakus. Hal itu akan menghilangkan keberkahan puasa dan dapat membahayakan kesehatan tubuh kita.



Sampai disini dulu posting kali ini, semoga bermanfaat. Wassallam...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar